Tutorial Cara Menggunakan Bahasa Indonesia di Ok Google

Tutorial Cara Menggunakan Bahasa Indonesia di Ok Google


Sebagai mesin pencari terbesar dan paling populer di dunia, Google terus memberikan inovasi yang menarik bagi para pengguna layanannya. Inovasi terbaru dari Google adalah "Ok Google" Ini adalah layanan mesin pencari menggunakan suara. Nah, bagaimana Anda menggunakan Ok Google? Jadi, apa keuntungan dari layanan ini daripada kita melakukan pencarian di Google dengan mengetikkan kata kunci yang ingin kita cari? Ayo, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.
  • Cara Mengaktifkan "Ok Google"

Hari ini, Anda dapat melihat di televisi bahwa iklan komersial yang mempromosikan Ok Google sedang ditayangkan. Melihat iklan-iklan ini, tentu semua orang ingin mencoba kecanggihan layanan terbaru ini dari Google. Sinyal berikut akan membagikan cara menggunakan Ok Google dari ponsel pintar atau tablet Android Anda:  
  1. Pastikan aplikasi Google yang diinstal di perangkat Anda adalah yang terbaru. Untuk memperbarui Google App, Anda dapat segera memperbarui melalui Play Store
  2. Setelah diperbarui, buka Aplikasi Google yang memiliki ikon surat 'G' dengan warna khas logo Google
  3. Di kiri atas, tekan menu yang memiliki 3 ikon garis> Pengaturan> Suara> Deteksi "Ok Google"
  4. Lanjutkan dengan memberi tanda centang di sebelah kata "Dari Aplikasi Google"

Pada beberapa jenis perangkat, Anda dapat mengubah pengaturan untuk mengaktifkan deteksi "Ok Google" dari luar aplikasi Google spesifik ini dengan: 
  1. Periksa di sebelah kata "Dari semua layar" atau "Selalu aktif"
  2. Masukkan model suara Anda ke Google
Anda perlu tahu bahwa beberapa perangkat Android juga memiliki fitur perintah suara. Jika Anda memutuskan untuk mengaktifkan pengaturan "Dari semua layar", layanan perintah suara lainnya tidak akan berfungsi. Misalnya, pada Samsung Galaxy S6 terdapat layanan S-Voice yang menggunakan perintah "Hi Galaxy", perintah ini mungkin tidak berfungsi jika Anda mengaktifkan Ok Google dengan pengaturan "Dari semua layar".

  • Ketentuan Penggunaan Ok Google

Setelah mengetahui cara menggunakan Ok Google, mungkin Anda berniat untuk mencoba layanan ini. Kemudian, Anda harus memastikan bahwa perangkat yang Anda gunakan memenuhi persyaratan. Persyaratan untuk dapat menggunakan Ok Google adalah sebagai berikut:
  1. Aplikasi Google yang dipasang di perangkat Anda harus versi 3.5 atau lebih tinggi
  2. Ponsel cerdas atau tablet yang Anda gunakan harus menggunakan sistem operasi Android v4.4 dan yang lebih baru
  3. Aktifkan pengaturan Aktivitas Suara & Radio untuk memulai fitur perintah suara ini dari Google
  • Contoh Perintah Suara untuk Ok Google

Jika Anda ingin mencoba cara menggunakan Ok Google, Anda dapat segera memberi perintah ke layanan ini. Nah, kali ini sinyal akan memberikan daftar perintah suara yang biasanya digunakan oleh orang lain untuk menjalankan Ok Google. Jika Anda ingin mencoba keakuratan atau kesuksesan Ok Google dalam menjalankan perintah, Anda dapat mencoba beberapa perintah suara yang banyak digunakan oleh pengguna layanan ini.

  • Perintah Khusus untuk Aplikasi

Jika Anda ingin mencari di dalam aplikasi, pastikan Anda menyebutkan nama aplikasi. Misalnya, Anda ingin mengucapkan perintah, "Ok Google, pindai tanda terima di [Walmart]". Secara otomatis, Google akan membuka aplikasi Walmart dan akan mencari tanda terima Anda. Saat Anda hanya mengucapkan perintah, "Ok Google, pindai tanda terima", maka Google akan menawarkan beberapa opsi.

  • Perintah umum

Jenis perintah umum ini adalah yang paling umum digunakan. Anda dapat mencari apa saja dengan memberi perintah ke Ok Google. Berikut adalah beberapa perintah paling umum yang diucapkan saat menggunakan Ok Google:
Di sini Anda dapat menyebutkan perintah apa pun. Sebenarnya, Ok Google memiliki fungsi yang sama seperti ketika kita mengetikkan kata kunci di Google. Bedanya, kami menyebutkan pencarian atau kata kunci yang kami inginkan dengan suara. Sementara itu, Google biasanya mengharuskan kata kunci yang akan dicari. 

  • Kontrol Aplikasi dan Perangkat

Apabila Anda hanya mengira di Ok Google cuma bisa melakukan pencarian seperti ketika kita menggunakan search engine, itu salah. Ok Google bisa dipakai untuk mengontrol aplikasi dan perangkat yang Anda gunakan dengan perintah-perintah ini:
  1. Buka [WhatsApp]
  2. Buka [Carisinyal.com]
  3. Buka [Calendar]
  4. Take a [Photo/Picture/Selfie]
  5. Rekam Video
  6. [Naikkan/Turunkan] Brightness
  7. Aktifkan [WiFi/Bluetooth/Flashlight]
  8. Mute the Volume
Anda juga dapat memanfaatkan Ok Google sebagai alarm. Cukup buka Google App, lalu klik ikon bergambar mikrofon dan Anda bisa langsung mengatakan perintah berikut ini:
  1. Ingatkan aku untuk [beli susu kambing] jam [5.30 pagi]
  2. Bangunkan aku jam [5 pagi] setiap hari minggu
  3. Catatan [Parkir mobil di depan pintu]
  4. Setting alarm [9 malam]
  5. Tunjukkan alarm berikutnya
  6. Kapan alarmsetelahnya
  7. Apa jadwal saya besok minggu
Munculnya Ok Google ini tentu disambut baik oleh pengguna mesin pencari terbesar ini. Bahkan, layanan ini dirasa memudahkan kita untuk melakukan sesuatu. Anda sekarang dapat menggunakan layanan Ok Google ini ketika sedang melakukan aktivitas lain yang tidak memungkinkan Anda untuk mengetik, seperti menyetir, makan, atau mandi. Kesimpulannya, layanan Ok Google ini adalah sebuah inovasi yang canggih dan membawa dampak positif bagi para pengguna gagdet.

Nah, itulah cara menggunakan Ok Google bersama dengan perintah suara yang biasanya sering digunakan oleh pengguna Ok Google lainnya. Anda bisa segera mencoba layanan ini dengan ponsel atau tablet Anda. Pastikan Anda tidak sedang berada di tempat yang bising untuk menjamin keakuratan layanan ini. Bila perlu gunakan earphone dan dekatkan bagian mikroponnya ke mulut Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Cara Menggunakan Bahasa Indonesia di Ok Google"

Posting Komentar